Kodim Abdya Gelar Pembinaan RTRW Pertahanan Darat
Cari Berita

Advertisement

Kodim Abdya Gelar Pembinaan RTRW Pertahanan Darat

Heri Purwanto
Senin, 20 September 2021

Kasiter Rem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen mengisi materi kegiatan pembinaan RTRW Pertahanan Darat di aula MaKodim 0110/Abdya


Abdya | Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pertahanan Darat TA 2021, di aula Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Senin (20/9). 


Kegiatan pembinaan kali ini bertajuk, "Keterpaduan dan Keselarasan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Pemerintah Daerah Dapat Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Serta Pertahanan Darat Yang Tangguh". 


Acara dilangsungkan dengan pedoman protokol kesehatan dipimpin Kasiter Rem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen dihadiri para Perwira dan perwakilan Babinsa Kodim 0110/Abdya.


W.s Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki melalui Perwira tertua Staf, Pasiintel Kapten Inf Fajar Setyawan dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pengembangan UU RI no 34 tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI  ialah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi Nasional menjadi kekuatan pertahanan Nasional. 


"Dalam pelaksanaannya, rencana ini tidak bisa dilakukan satu pihak saja, harus ada keterpaduan dengan pemerintah daerah," ujarnya. 


Pasiintel menjelaskan, hal itu dimaksudkan agar rencana tata ruang pertahanan darat yang berujung terciptanya pangkal pertahanan negara Sishanta, dapat terwujud dengan baik. 


Dengan kata lain, dalam menyiapkan rencana tersebut tercipta keterpaduan antara kepentingan pemerintah daerah dengan kepentingan pertahanan. 


Sementara itu, Kasiter Rem 012/TU Mayor Arh Boy Iswarmen dalam materinya mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan Apkowil dalam menyiapkan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat yang serasi, selaras dan terpadu dengan tata ruang wilayah Kabupaten. 


Pada aplikasinya aparat satuan kewilayahan harus mampu mengenal dan menguasai karakteristik wilayah binaan dengan baik di semua bidang yaitu, bidang geografi, demografi dan kondisi sosial. 


"Bila itu sudah difahami dan dikuasai maka sasaran Kodim 0110/Abdya dalam menyiapkan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis dapat tercapai dengan baik," tegasnya.