Personel Kodim Abdya Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah Nataru
Cari Berita

Advertisement

Personel Kodim Abdya Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah Nataru

Heri Purwanto
Kamis, 23 Desember 2021


Abdya- Sejumlah perwakilan personel Kodim 0110/Abdya bersama gabungan Polres, Dihub dan Satpol PP Abdya mengikuti apel gelar pasukan operasi Lilin Seulawah tahun 2021 di lapangan Mapolres Abdya, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Kamis (23/12). 


Turut hadir sejumlah pejabat TNI Polri dan Pemkab setempat di antaranya Kapolres Abdya AKBP M Nasution, SIK, mewakili Dandim Abdya Kapten Inf Izhar, Kajari Abdya Nila Wati, SH, MH, perwakilan Legislator Abdya Sardiman, serta sejumlah para Kepala Dinas terkait lingkungan Kabupaten Abdya. 


Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) tersebut dipimpin langsung Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH. 


Dalam sambutannya Bupati Abdya menyampaikan ulang amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, bahwa apel gelar pasukan itu dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.


Perayaan Nataru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.  


Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.


Karena itu, tambah Bupati Akmal, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 10 hari sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.


Operasi tersebut dengan tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.


“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, serta mensukseskan kegiatan vaksinasi nasional menuju herd imunity, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan merayakan Natal-Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” ucapnya.


Dalam kesempatan itu, Akmal juga menyampaikan beberapa penekanan dalam amanat Kapolri untuk dilaksanakan guna mendukung keberhasilan tugas operasi lilin 2021, diantaranya dengan mempersiapkan mental, fisik serta kesehatan, melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.


Selain itu, seluruh jajaran Polri juga diminta meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momen Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.


Sebelum mengakhiri amanat Kapolri, Bupati Akmal menghaturkan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021.