Babinsa Susoh Bantu Petani Panen Semangka
Cari Berita

Advertisement

Babinsa Susoh Bantu Petani Panen Semangka

Heri Purwanto
Sabtu, 12 Februari 2022

Babinsa Koramil 04/Susoh Serda Turohmat bantu petani panen semangka di Desa Padang Baru, Susoh


Abdya- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya Serda Turohmat turun ke wilayah bantu petani binaan panen semangka, di Desa Padang Baru Kecamatan Susoh, Sabtu (12/2). 


Pemilik lahan, Ikhsan (50) mengatakan, panen semangka yang kali pertama ini hasilnya melimpah dan cukup memuaskan. Ia sendiri mencoba kembangkan budidaya semangka (Citrullus lanatus) seluas 1 hektar di atas lahan bekas sawah miliknya, karena pertimbangan jauh dari sumber air. 


"Sesuai dengan saran dari pak Babinsa, akhir Desember lalu semangka ini kami tanam. Saat itu pak Babinsa juga hadir ikut bantu tanam," ujarnya. 


Petani melanjutkan, dipilihnya tanaman semangka karena dianggap paling mudah, baik dalam perawatan maupun penjualan. Dari hasil panen semangkanya itu, Ikhsan mengungkapkan dapat meraup untung hingga Jutaan Rupiah. 


Di tempat yang sama Babinsa Serda Turohmat membenarkan perihal tersebut. Ia menyebutkan sebagian petani khususnya di wilayah Susoh memilih tanam semangka sebagai opsi ekonomi dalam menghadapi puasa Ramadhan dan Idul Fitri. 


"Apapun sektor pertaniannya, jelas kami (Babinsa) akan mendukung. Terlebih tujuannya itu untuk peningkatan ekonomi. Untuk diketahui, membantu meningkatkan taraf ekonomi rakyat adalah salah satu tujuan kami dalam program Ketahanan Pangan," benernya. 


Informasi yang berhasil dihimpun, harga semangka saat ini di pasaran wilayah Bumi Padi Sigupai dalam perkilogram berkisar Rp. 6 ribu. Para petani setempat mencatat, bila kemarau mendukung, harga ini biasanya bertahan dan bahkan naik sampai dengan awal Ramadhan.