Disaksikan Babinsa, Jengkol Abdya Tembus Pasar Medan
Cari Berita

Advertisement

Disaksikan Babinsa, Jengkol Abdya Tembus Pasar Medan

Heri Purwanto
Rabu, 09 Februari 2022


Abdya- Puluhan kilogram jengkol dan rempah-rempahan hasil bumi Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) siap dipasarkan ke Medan, Sumatera Utara. 


Pengiriman itu dilakukan oleh salah satu agen pengepul jengkol asal Kecamatan Lembah Sabil, Saiful (42) disaksikan langsung Babinsa setempat Serda Jimi Hermanto. 


"Alhamdulillah untuk kesekian kalinya kita terima orderan dari Medan," ungkap Saiful, Rabu (9/2). 


Di lokasi yang sama, Serda Jimi Hermanto yang belakangan diketahui selaku pendamping pertanian di wilayah itu membenarkan hasil perkebunan Abdya utamanya jengkol kian digemari pasar luar daerah. 


TNI dari satuan Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya itu mengatakan bahwa jengkol Abdya ini memiliki kualitas unggul. Klaim tersebut telah diakui langsung oleh Kementan RI melalui branding sertifikat diterima langsung oleh Bupati Abdya Akmal Ibrahim pada tahun lalu. 


"Jengkol Abdya ini sudah mempunyai branding. Tak salah jika semua pasar itu memburu hasil jengkol Abdya," tuturnya. 


Babinsa menandaskan, guna memanfatkan luang potensi tersebut, pihaknya bersama dengan dinas terkait terus berupaya menjaga kualitas jengkol. Salah satu upaya itu diantaranya dengan melakukan pembibitan khusus dan pengembangan secara terpadu.