Hadapi Ramadhan, TNI di Abdya Dampingi Khusus Pertanian Semangka
Cari Berita

Advertisement

Hadapi Ramadhan, TNI di Abdya Dampingi Khusus Pertanian Semangka

Heri Purwanto
Selasa, 01 Februari 2022

Babinsa di Lembah Sabil dampingi khusus pertanian semangka untuk hadapi pangsa pasar bulan Ramadhan pada April mendatang


Abdya- Sejumlah para petani di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melakukan penanaman semangka. Kegiatan ini dilakukan petani sebagai opsi ekonomi menghadapi bulan puasa Ramadhan pada April mendatang. 


Saiful (39) petani asal Desa Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil mengatakan, penanaman semangka dilakukan oleh petani memanfaatkan lahan kosong yang jauh dari sumber air. 


"Dari pada nganggur kering begitu saja, bagusan kita tanami semangka. Kebetulan cuaca dan waktunya ini pas," kata Saiful di sela penyiangan, Selasa (1/2/2022). 


Di lokasi yang sama, Babinsa Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Serda Yasier Arafat menyebutkan pihaknya mendukung penuh opsi kegiatan petani, selama kegiatan itu tidak menggugurkan pertanian padi yang baru mereka tanam dua pekan lalu. 


Untuk mendukung cita petani itu dirinya (jajaran Babinsa) secara intens memberikan pendampingan khusus baik di komoditi Pajale maupun di holtikultura lainnya. 


Lebih lanjut Babinsa Yasier menuturkan, saat musiman bulan Ramadhan Kabupaten Abdya adalah salah satu pemasok buah semangka terbesar di Aceh. Saat bulan itu semangka produk Abdya membanjiri pangsa pasar mulai dari lokal hingga luar daerah. Konon, semangka Abdya ini terkenal lantaran memiliki tekstur kemanisan tersendiri berbeda dengan rasa semangka pada umumnya. 


"Semoga saja tujuan dari para petani ini tercapai. Karena apapun komoditinya, tujuannya sama yaitu untuk meningkatkan ekonomi. Maka dari itu di pertanian semangka ini juga kita berikan pendampingan," tandasnya.