TNI di Setia Bantu BKSDA Evakuasi Beruang Terkena Jerat
Cari Berita

Advertisement

TNI di Setia Bantu BKSDA Evakuasi Beruang Terkena Jerat

Heri Purwanto
Rabu, 16 Maret 2022



Abdya- Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dibantu TNI dari satuan Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/berhasil mengevakuasi satu ekor Beruang madu yang terkena lilitan jerat tali di kawasan perkebunan warga, Desa Cinta Makmur Kecamatan Setia, Rabu (16/3). 


Diketahui, evakuasi ini dilakukan BKSDA Aceh menindaklanjuti laporan warga. Beruang madu (Helarctos malayanus) itu terkena jerat kawat babi hutan, sengaja dipasang warga setempat karena keberadaannya telah meresahkan keselamatan penduduk.


Danpos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya Serma SY Lubis menyebutkan proses evakuasi terhadap hewan langka tersebut berlancar lancar. Tim BKSDA juga telah memberikan penanganan medis pertama pada Beruang madu akibat luka lilitan jerat kawat. Lanjutnya beruang madu tersebut akan dibawa oleh Tim BKSDA Aceh untuk kepentingan observasi. 


"Benar, Beruang madu ini terkena jerat kawat. Tepatnya di kebun milik pak Bakhtiar," jelas Serma Lubis. 


Ia mengatakan, meski keberadaanya telah meresahkan keselamatan warga, beruntung hewan langka tersebut aman dari ulah tangan yang tidak bertanggung jawab. 


"Kita juga menghimbau pada warga, bila mana menemukan hal yang serupa seperti ini, hewannya jangan dibunuh apalagi niatnya untuk dijual. Karena memperjual belikan hewan langka baik hidup atau mati itu bisa kena pidana. Langkah yang tepat segera laporkan ke badan/lembaga terkait," singkatnya.