Dampingi Cek Usia Padi, Babinsa Minta Petani Tidak Ragu Sampaikan Kendala
Cari Berita

Advertisement

Dampingi Cek Usia Padi, Babinsa Minta Petani Tidak Ragu Sampaikan Kendala

Heri Purwanto
Sabtu, 23 April 2022



Abdya - Babinsa Koramil 03/Jeumpa Kodim 0110/Abdya Serda Peroza Selian mendampingi petani binaan, Zulkarnaian (65) mengecek kematangan padi di pesawahan Poktan Mekar seluas 1 Ha di Desa Cot Mane Kecamatan Jeumpa, Sabtu (23/4/2022).


Dalam pendampingan tersebut Babinsa beserta petani secara random mengecek kualitas tanaman padi mulai dari daun dan batang. Tidak terhenti di situ ia juga melakukan identifikasi terhadap serangan hama.


“Kalau ada kendala dan perlu bantuan jangan sungkan telpon saya,” ujar Babinsa.


Lebih lanjut, Serda Peroza menyarankan  agar tanama padi tersebut diintensifkan pemupukannya agar lebih tumbuh subur perkembangan daun dan batangnya, serta mengontrol penggunaan air.


Terpisah, Pelaksana harian Danramil Jeumpa Peltu Arif Lizar dalam konfirmasinya menerangkan bahwa pihaknya berupaya sebisa mungkin untuk menyukseskan program nasional swasembada pangan khususnya beras. Oleh karena itu jajarannya senatiasa melakukan pendampingan petani dengan cara turun langsung ke sawsah.


“Bersama dengan tim penyuluh serta perangkat terkait lainnya, kami juga melakukan sosialisasi dan aplikasi di lapangan seperti teknis cara perawatan padi, pengendalian hama, sampai dengan tahap terakhir pengubinan,” ungkapnya.


Peltu Arif  berharap upaya khusus (Upsus) yang telah dilakukan pihaknya bisa berdampak pada peningkatan produktivitas pertanain, agar taraf ekonomi rakyat di masa pandemi stabil dan meningkat.