Jelang Panen, Babinsa Cek Kematangan Padi
Cari Berita

Advertisement

Jelang Panen, Babinsa Cek Kematangan Padi

Heri Purwanto
Kamis, 14 April 2022



Abdya - Babinsa Koramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya Sertu Zulvikar Dhendhi bersama petani binaan mengecek kematangan padi, di Desa Padang Kawa, Tangan-tangan, Kamis (14/4/2022). 


Diketahui, kegiatan tersebut dilakukan Babinsa dalam rangka menghadapi persiapan panen yang diagendakan pada pekan ini. 


Balutan seragam PDH yang kini dipakai prajurit pada hari Rabu dan Kamis itu tidak menghalangi niatan Babinsa dalam pendampingan pertanian. Dengan serius Sertu Zulvikar keliling sawah memeriksa secara random kematangan padi. 


"Ini sudah matang dan sudah waktunya untuk dipanen. Siap ini kita koordinasikan terus soal kombine, agar  pengerjaannya praktis dan cepat selesai," ujar Sertu Zulvikar. 


Terpisah, Pelaksana harian Danramil Tangan-tangan Serma Dirmansyah mengatakan secara estafet pertanian padi di wilayahnya telah mulai melaksanakan panen. 


Menyikapi hal tersebut pihaknya bersama dengan sinergi PPL dan Penyuluh berusaha mengakomodir dukungan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pemotong padi secara statis dan masiv. 


“Jauh hari soal ini sudah kita koordinasikan ke dinas terkait. Mudah-mudahan semuanya lancar," katanya. 


Ia menandaskan sejauh ini kegiatan panen padi di wilayahnya belum menemui kendala yang signifikan. Berdasarkan data yang diterimanya, produktifitas panen padi kali ini tidak bergeser dari hasil ubinan. Di mana dalam setiap hektar sawah tonase padi berkisar 6-7 ton.