Babinsa dan Tagana Evakuasi Rumah Warga Tertimpa Pohon
Cari Berita

Advertisement

Babinsa dan Tagana Evakuasi Rumah Warga Tertimpa Pohon

Heri Purwanto
Senin, 06 Juni 2022



Abdya- Gabungan anggota Tagana dan Babinsa dari Koramil 02/Kuala Batee Kodim 0110/Abdya melakukan evakuasi satu unit rumah warga yang tertimpa pohon di Desa Panto Cut Kecamatan Kuala Batee, Senin (6/6/2022). 


Pemilik rumah, Samsul Bahri (39) menyebutkan musibah tersebut terjadi pada Minggu (5/6) malam sekira pukul 23.00 WIB. 


Saat hendak tidur, pohon jenis rambutan yang ada di depan rumahnya itu tiba-tiba roboh menimpa bagian kamar depan. 


"Tadi malam memang anginnya itu kencang kali. Saya gak nyangka pohon ini bakalan roboh," ungkapnya. 


Ia mengaku tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun taksiran uang sebesar Rp. 3 jutaan harus ia siapkan untuk merehab kembali materil rumahnya yang rusak. 


Di lokasi yang sama, Babinsa setempat Sertu H. Upud mengatakan, evakuasi difokuskan membersihkan batang pohon dan membantu meresparasi sementara atap rumah. 


Dengan menggunakan bantuan alat dari Tagana seperti mesin gergaji chaisaw, kapak, dadung dan tangga, kegiatan evakuasi dapat terselesaikan dengan cepat. 


Untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang, Babinsa bersama dengan Tagana menghimbau warga lain yang sekitaran rumahnya terdapat batang pohon, khususnya yang telah berusia usang agar melakukan penebangan. 


"Kita menghimbau, bila ada pohon yang sekiranya sudah lapuk, sebaiknya tebang saja, dari pada nanti membahayakan nyawa," tandasnya.