Cegah Banjir, TNI dan Gabungan Komponen Bersihkan Sungai
Cari Berita

Advertisement

Cegah Banjir, TNI dan Gabungan Komponen Bersihkan Sungai

Heri Purwanto
Sabtu, 25 Juni 2022



Abdya- Sejumlah anggota Babinsa dari Koramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya bersama gabungan BNPB, Tagana dan masyarakat gotong royong membersihkan aliran sungai di Desa Padang Kawa Kecamatan Tangan-tangan, Sabtu (25/6/2022). 


Aksi gotong royong kali ini fokus membersihkan sampah, rumpun bambu serta batang pohon yang tersangkut di kaki jembatan. Disinyalir tumpukan sampah tersebut menjadi biang luapan banjir di wilayah setempat. 


Plh. Danramil 05/Tangan-tangan Serma Dirmansyah yang mengomandoi kegiatan mengakui cukup sulit untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut. Pasalnya, rumpun bambu dan batang pohon yang longsor ke sungai beberapa waktu lalu itu telah mengikat sampah-sampah lain. 


"Alhamdulillah, biang kerok penyebab banjir telah berhasil kita bersihkan. Mudah-mudahan saat hujan nanti desa ini tidak lagi banjir," ucap Serma Dirman.


Ia juga menghimbau kepada para warga setempat agar kembali peduli menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai. 


Agar tercipta disiplin, kepada perangkat desa Serma Dirman mendorong untuk mengeluarkan suatu aturan atau qanun desa yang menyoal tentang kebersihan sungai.