Ukur Stok Pangan, Babinsa Susoh Komsos Dengan Pedagang Beras
Cari Berita

Advertisement

Ukur Stok Pangan, Babinsa Susoh Komsos Dengan Pedagang Beras

Heri Purwanto
Senin, 27 Juni 2022

Babinsa Susoh Komsos dengan pedagang beras di kawasan Padang Baru


Abdya- Aparat Komando Kewilayahan Kodim 0110/Abdya turut memastikan stok beras di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) aman hingga perayaan hari raya Idul Adha 1443 H mendatang. 


Kepastian ini diklaim menyusul tingginya persentase tonase panen padi di seluruh wilayah dalam kabupaten setempat berlangsung sejak  Mei lalu. 


"Hasil laporan anggota kita di lapangan, stok beras aman sampai dengan Idul Adha nanti," terang Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pasiter Kapten Inf Azwani kepada pewarta di Blangpidie, Senin (27/6/2022). 


Pasiter menjelaskan pada bulan Mei-Juni stok gabah di wilayah teritorialnya itu berlimpah karena pada bulan tersebut para petani baru khatam merampungkan panen. Selain komoditi padi, tanaman pangan lainnya seperti Jagung, kedelei dan kacang juga turut membanjiri pasar. 


Disinggung soal kestabilan harga, Pasiter menyebutkan pihaknya bersama dengan Bulog dan sinergi terkait lainnya telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan stabilisasi harga. Salah satu upaya itu dilakukan dengan cara memaksimalkan skema penyerapan gabah petani (Sergap) dari sisi hilir dan hulu. 


"Kita meyakini, stok pangan ini aman dan terjangkau. Karena kita tahu semua pihak terkait dari jauh hari telah melakukan berbagai upaya untuk opsi ini," singkatnya.