Andil Babinsa, Petani Sayuran di Blangpidie Dapat Cuan
Cari Berita

Advertisement

Andil Babinsa, Petani Sayuran di Blangpidie Dapat Cuan

Heri Purwanto
Minggu, 03 Juli 2022



Abdya | Prospek budidaya tanaman sayuran di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menggeliat. Maraknya perkembangan usaha pertanian ini lantaran permintaan pasar terhadap sayuran tidak pernah sepi. 


Di bawah dampingan para Babinsa, para petani setempat mengelola komoditas sayuran di antaranya kangkung, bayam, dan cabai. 


Plh. Danramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya Peltu Ismail Anwar melalui Serma Jumingin menyebutkan, tanpa terkecuali di wilayah binaannya, saat ini budidaya sayuran menjadi alternatif usaha yang paling digemari para petani.


"Paling ngetrend, karena pangsa pasarnya ini mudah dan paling laris. Kebutuhan sayuran ini kurang lebih hampir sama dengan beras. Setiap hari pasti dibeli," kata Serma Jumingin saat ditemui di salah satu kebun sayuran milik warga, di Desa Lam Kuta, Blangpidie, Minggu (3/7/2022). 


Jumingin menerangkan, untuk mendukung geliat usaha tersebut, pihaknya telah mengintensifkan pendampingan komoditas sayuran. Fokus pendampingan ini berlaku sama dengan pendampingan ketahanan pangan padi. 


"Kebetulan ada beberapa anggota kita yang sudah disekolahkan ilmu pertanian di Bandung. Mudah-mudahan ilmunya itu bisa diamalkan untuk membantu meningkatkan ekonomi petani. Geliat ekonomi warga ini harus kita dukung," tandasnya. 


Sebagai Informasi, usaha budidaya sayuran di wilayah Aceh khususnya di Abdya semakin menjamur. Prospek ini dianggap paling praktis untuk memulihkan ekonomi akibat krisis pandemi.