TNI Polri di Susoh Monitoring Pemotongan Hewan Qurban Bebas PMK
Cari Berita

Advertisement

TNI Polri di Susoh Monitoring Pemotongan Hewan Qurban Bebas PMK

Heri Purwanto
Sabtu, 09 Juli 2022


Abdya- Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas wilayah Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) monitoring kegiatan pemotongan hewan qurban Idul Adha 1443 H, di kawasan Desa Pinang, Sabtu (9/7/2022). 


Tidak hanya berdiri memantau, sinergi aparat ini juga turut membaur bersama warga membantu proses penyembelihan. 


Danramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Fajar Setyawan melalui Bati Tuud Serma Riatman mengungkapkan kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya bersama dengan Kepolisian itu merupakan bagian dari pengawasan terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan qurban. 


"Sesuai Instruksi kita terlibat dalam pengawasan kasus ini," katanya. 


Serma Riatman menyebutkan sesuai data laporan dari jajaran Babinsa, hingga hari ini, Sabtu (9/7) hewan qurban Idul Adha di wilayahnya bebas dari PMK. 


Informasi dihimpun, pada Jumat (8/7) kemarin, Distanak provinsi Aceh bersama sinergi TNI Polri melakukan apel gabungan pelepasan tim pengawasan pemotongan hewan qurban Idul Adha. 


Tim ini terdiri dari spesialis dokter hewan, TNI-Polri, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala. Tim tersebut bertugas melakukan pengawasan terhadap hewan kurban, dengan tujuan agar hewan kurban yang akan disembelih bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).


Pengawasan ini kemudian dipararel hingga ke tingkat kabupaten dan kota tidak terkecuali di wilayah Aceh Barat Daya (Abdya).