Musim Proyek, Babinsa Dorong Pengrajin Batako Press Tingkatkan Produksi
Cari Berita

Advertisement

Musim Proyek, Babinsa Dorong Pengrajin Batako Press Tingkatkan Produksi

Heri Purwanto
Rabu, 03 Agustus 2022


Abdya- Usaha dagang batako press milik warga di kawasan Desa Alue Mangota Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), sejak sebulan terakhir mulai kebanjiran order.


Kabar ini diungkap oleh aparat pembina desa setempat, Serda Tulus Widodo melalui rilisnya pada pewarta, Rabu (3/8/2022).


"Alhamdulillah, geliat ekonomi warga telah kembali meningkat. Contohnya hari ini, saya saksikan langsung pengrajin batako press di wilayah banjir order," ujar Serda Tulus.


Anggota Babinsa dari Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya itu mengatakan profit usaha batako press saat ini sangat tinggi. Hal itu disebabkan lantaran banyaknya permintaan untuk proyek pembangunan dan keperluan rumah warga.

Banjir order batako press biasa terjadi antara pertengahan bulan Februari hingga April dan Juni sampai dengan Oktober.


"Dalam waktu itu proyek-proyek pemerintah mulai berjalan, dan biasanya juga diikuti dengan kemapanan warga bangun rumah, hasil dari panen pertanian," tuturnya.


Babinsa melanjutkan, meski permintaan pembeli meningkat pesat namun harga jual batako press masih terhitung normal. Perbata pengrajin menjual di kisaran harga Rp. 3000-3500.


Menyikapi geliat ekonomi tersebut Babinsa mendorong warga agar komit meningkatkan kuantitas produksi tanpa mengkesampingkan kualitas barang.

"Kita berharap semua sektor UMKM warga meningkat. Tidak hanya di usaha batako press saja, namun juga usaha lainnya. Kami Babinsa akan hadir dan mendorong kesuksesan usaha warga dalam semua sektor," tandasnya.