Satgas TMMD ke-114 Kodim 0110/Abdya Beri Penyuluhan Hukum Untuk Masyarakat
Cari Berita

Advertisement

Satgas TMMD ke-114 Kodim 0110/Abdya Beri Penyuluhan Hukum Untuk Masyarakat

Heri Purwanto
Senin, 15 Agustus 2022



Abdya- Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0110/Abdya menggelar kegiatan penyuluhan hukum kepada masyarakat di aula kantor Camat Lembah Sabil, Desa Cot Bak'U, Senin (15/8/2022). 


Kegiatan penyuluhan hukum ini turut dihadiri Koodinator sasaran non fisik TMMD Kapten Inf Azwani beserta Serma Armantis, Kasi Intel Kejari Abdya Joni Astriaman, SH, Muspika dan jajaran Kades dalam wilayah setempat. 


Dalam sambutannya Kapten Azwani menyebutkan kegiatan penyuluhan hukum tersebut digelar sebagai bagian dari pembangunan non fisik TMMD ke-114. Tujuannya ialah untuk memberikan pemahaman tentang hukum kepada masyarakat, agar masyarakat mudah memahami dan melaksanakan aturan tentang hukum yang berlaku.


"Harapannya ini bisa menjadi wadah edukasi agar terhindar dari pelanggaran hukum," katanya. 


Senada dengan itu, dalam materinya Kasi Intel Kejari Abdya Joni Astriaman, SH memperkenalkan dengan singkat wajah Institusinya dalam hal masalah hukum. Ia menyebutkan Kejaksaan itu mempunyai tugas dan kewenangan yang luas, tidak hanya terbatas pada penuntutan saja, melainkan juga memberikan konsultasi hukum terkait berbagai permasalahan hukum yang dihadapi di masyarakat. 


Kasi Intel Kejari mempersilahkan kepada masyarakat untuk melapor dan berkonsultasi ke pihaknya jika menghadapi permasalahan hukum. 


"Silahkan sampaikan, kita akan terbuka memberikan konsultasi hukum," katanya.


Salah satu Kades, Osha Yurahman (35) mewakili masyarakat Suka Damai menyampaikan apresiasi atas gelaran kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan penyuluhan hukum yang digelar TMMD Kodim Abdya bersama Kejaksaan ini sangat berguna menambah pengetahuan hukum untuk masyarakat. 


"Terimakasih, dengan adanya penyuluhan ini kami jadi tahu dan mengerti hak asasi kami dalam hukum. Mudah-mudahan ke depan tidak ada kejadian yang berkaitan dengan hukum. Kalau pun ada, InsyaAllah akan kami konsultasikan terlebih dahulu kepada Kejaksaan. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas gelaran kegiatan dan layanannya ini," tutupnya.