Satgas TMMD ke-114 Kodim 0110/Abdya Gelar Penyuluhan PMK
Cari Berita

Advertisement

Satgas TMMD ke-114 Kodim 0110/Abdya Gelar Penyuluhan PMK

Heri Purwanto
Senin, 08 Agustus 2022


Abdya- Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0110/Abdya menggelar menggelar acara sosialisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, berlangsung di kantor Desa Suka Damai Kecamatan Lembah Sabil, Senin (8/8/2022).


Turut hadir Kabid Peternakan  Distanpan Abdya Drh. Izet Muntasir beserta Pemateri Drh. Felizia Marfan, Kades Suka Damai Osha Yurahman dan lima puluhan warga setempat. 


Dansatgas TMMD Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Koordinator sasaran non fisik Kapten Inf Azwani mengatakan sosialisasi tersebut digelar untuk memberikan tambahan pengetahuan para peternak dalam mencegah wabah PMK. 


"Menurut hemat kami, ini sangat penting untuk mencegah kerugian ternak. Kami berharap ilmu ini bisa ditularkan kepada peternak lainnya yang berhalangan hadir, agar ternak di wilayah kita bebas dari PMK," katanya.


Kapten Azwani menuturkan saat ini penanganan wabah PMK di seluruh wilayah Abdya menjadi perhatian bersama. Dalam upaya tersebut pihaknya bersama dengan sinergi terkait secara terpadu terus memberikan pendampingan kepada seluruh peternak mulai dari penyemprotan kandang, hingga pemberian obat/vaksin.


Sementara itu, dalam materinya Drh. Felizia Marfan menjelaskan, virus PMK pada hewan ternak bisa bertahan sampai dengan selama tiga bulan lebih. Ketahanan virus tersebut bahkan bisa lebih lama hidup di daerah dingin dan area yang minim sinar matahari. 


"Cara mematikan virus itu salah satunya dengan penyemprotan disinfektan. Virus itu sangat anti dengan zat asam yang ada di disinfektan," bebernya. 


Lanjutnya Pemateri menerangkan, virus PMK bertahan hidup di tulang, kelenjar, dan susu ternak. Penularan dari penyakit ini juga bisa melalui dari inhalasi, pakan ternak, lecet kulit, selaput lendir, pernapasan dan kotoran.