Sinergi TNI Polri di Babahrot Gencarkan Sosialisasi Cegah Karhutla
Cari Berita

Advertisement

Sinergi TNI Polri di Babahrot Gencarkan Sosialisasi Cegah Karhutla

Heri Purwanto
Sabtu, 13 Agustus 2022

Sertu Sugeng Riyadi ajak masyarakat di Desa Alue Jerjak aktif cegah Karhutla


Abdya- Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Sertu Sugeng Riyadi meminta kepada warga masyarakat di wilayah binaan turut melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


Permintaan itu disampaikan pada acara sosialisasi pencegahan Karhutla digelar sinergi Polsek Babahrot di kantor Desa Alue Jerjak Kecamatan Babahrot, Sabtu (13/8/2022). 


"Semuanya harus turut serta, tidak bisa dibebankan pada kami TNI-Polri atau BPBK saja. Semuanya berperan dalam pencegahan Karhutla," kata Sertu Sugeng. 


Ia mewaspadai sejak dua pekan terakhir cuaca di wilayah Abdya sangat panas. Kondisi ini biasanya dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan pembersihan lahan secara instan yaitu dengan pembakaran. Argumen yang berkembang selama ini menganggap cara tersebut sangat efisien dari segi waktu dan biaya. 


Padahal, kata Babinsa, esensi dari kebiasaan buruk tersebut sangat lah berbahaya, dapat merusak lingkungan dan mengancam jiwa manusia. 


Senada dengan itu, dalam materinya Bhabinkamtibmas Polsek Babahrot Brigadir Syahrizal mengatakan bahwa kasus Karhutla saat ini telah menjadi perhatian khusus pemerintah. Salah satu bentuk keseriusan tersebut ditunjukan dengan ditegaskannya dasar sanksi pidana untuk menjerat pelaku Karhutla. 


"Hati-hati ancamannya sangat berat. Bisa dipidana penjara hingga 15 tahun dan denda maksimal Rp. 5 miliar," tegas Brigadir Syahrizal. 


Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya dalam Kecamatan Babahrot agar dalam kegiatan pembukaan/pembersihan lahan, tidak dilakukan dengan pembakaran. 


Di akhir kegiatan itu, sinergi Babinsa-Bhabinkamtibmas meminta kooperatif dari masyarakat agar segera melaporkan ke pihaknya bila mana mengetahui/mendapati kejadian Karhutla di wilayah.