TMMD ke-114 Kodim Abdya Suluh Emak-emak Bebaskan Rumah dari Asap Rokok
Cari Berita

Advertisement

TMMD ke-114 Kodim Abdya Suluh Emak-emak Bebaskan Rumah dari Asap Rokok

Heri Purwanto
Rabu, 10 Agustus 2022



Abdya- Puluhan ibu-ibu rumah tangga di Desa Kayee Aceh Kecamatan Lembah Sabil diminta bisa menjadi Kader Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan keluarganya masing-masing. Salah satu contoh kampanye PHBS Ibu-ibu bisa tegas mengkondisikan rumahnya sehat terbebas dari asap rokok. 


Diketahui, kampanye PHBS ini disampaikan oleh Fira Safitri, SKM dari Dinkes Abdya pada acara Penyuluhan Kesehatan gelaran TMMD ke-114 Kodim 0110/Abdya, berlangsung di desa setempat, Rabu (10/8/2022). 


Turut hadir Dansatgas TMMD Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Koordinator sasaran non fisik Kapten Inf Azwani, Serma Armantis dan Pengelola program Pomkes Dinkes Abdya Nelfa Afrianti, SKM. 


Dalam materinya Fira mengatakan, kebiasaan buruk merokok dalam rumah sebaiknya segera dihentikan, karena selain menyebabkan bau tidak sedap juga dapat merugikan kesehatan bagi pengisi rumah lainnya. 


"Ingatin bapak-bapaknya jangan lagi merokok dalam rumah. Yang bisa negur ini hanyalah ibu-ibu," kata Fira. 


Ia menyebutkan, perokok pasif jauh lebih berbahaya dari pada perokok aktif. Skala perbandingannya yaitu 75% untuk orang sekitar dan 25% bagi perokok. 


"Mereka aman karena ada filter dalam rokok. Yang bahaya itu justru kita, karena asapnya itu terhirup semua oleh kita," kata Fira. 


Lanjutnya Fira memaparkan tentang point pedoman PHBS demi mewujudkan rumah tangga yang sehat di antaranya rajin mencuci tangan, memberantas biang jentik nyamuk, Jambanisasi, olahraga teratur dan lainnya.