TNI Polri di Babahrot Masif Kampanye Stop Karhutla
Cari Berita

Advertisement

TNI Polri di Babahrot Masif Kampanye Stop Karhutla

Heri Purwanto
Rabu, 03 Agustus 2022



Abdya- Jajaran Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya yang tersebar di 14 desa dalam Kecamatan Babahrot secara masif terus melakukan himbauan dan edukasi tentang larangan membakar hutan lahan. 


Upaya tersebut dilakukan bersinergi dengan para Bhabinkamtibmas dari Kepolisian sektor setempat dengan cara dialog langsung dan kampanye via media banner. 


Pelaksana harian Danramil 07/Babahrot Kapten Inf Edi Mailiswar membenarkan secara terpadu pihaknya terus melakukan upaya pencegahan Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla). 


"Ya benar, bersama dengan Jajaran polsek kita rutin keliling desa menghimbau warga tidak bakar lahan. Imbauan ini juga kita tegaskan dengan memasang banner di sejumlah titik keramaian," kata Danramil, Rabu (3/8/2022). 


Dalam imbauan tersebut, pihaknya juga mengajak partisipasi masyarakat agar turut melaporkan bila mengetahui kejadian kebakaran lahan atau pun menemukan pelaku pembakaran. 


Dampak Karhutla tidak hanya merusak kelestarian lingkungan, namun juga merugikan kesehatan dan dapat mengancam keselamatan orang. Oleh karena itu kasus Karhutla ini menjadi perhatian khusus Negara dan telah diatur tegas melalui perundang-undangan. 



"Tidak bosan kita ingatkan masyarakat, sanksi dari tindakan ini dapat dipidana kurungan penjara dan denda hingga Milyaran rupiah. Mudah-mudahan dengan upaya rutin ini kasus Karhutla di wilayah kita tidak lagi terjadi," tandasnya.