Cegah PMK, Babinsa di Kuala Batee Gencarkan Vaksin Ternak
Cari Berita

Advertisement

Cegah PMK, Babinsa di Kuala Batee Gencarkan Vaksin Ternak

Heri Purwanto
Selasa, 13 September 2022



Abdya- Satuan Tugas (Satgas) penanganan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama sinergi Babinsa terus menggencarkan vaksinasi ternak tersebar di 152 Desa dalam 9 Kecamatan. 


Salah satu lokasi penyuntikan vaksin kerbau dan sapi berlangsung di Desa Keude Baro Kecamatan Kuala Batee, Selasa (13/9/2022). 


Penyuntikan vaksin tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Abdya drh. Nasruddin serta sejumlah tenaga terkait. 


Terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Danramil 02/Kuala Batee Kapten Inf Mohd Arifin membenarkan saat ini pihaknya bersama Satgas PMK telah mulai menggencarkan penyuntikan vaksin ternak. 


Upaya tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus PMK yang dapat merugikan para peternak. 


"Hari ini, 300 ekor kerbau telah selesai kita vaksin. Jumlah kerbau tersebut dilaporkan semuanya masih dalam kondisi sehat dan bebas PMK," bebernya. 


Danramil menyebutkan, dalam memaksimalkan pencegahan PMK, pihaknya melalui para Babinsa juga rutin mendorong para peternak melakukan pembersihan kandang dan penyemprotan disinfektan. 


"Kita juga sampaikan pada para peternak agar segera lapor cepat bila mana ternaknya alami sakit, sehingga penyebaran PMK di wilayah bisa kita tekan," singkatnya.