Jemput Bola Puncak Kemarau, TNI di Babahrot Keliling Kebun Edukasi Karhutla
Cari Berita

Advertisement

Jemput Bola Puncak Kemarau, TNI di Babahrot Keliling Kebun Edukasi Karhutla

Heri Purwanto
Sabtu, 17 September 2022


Abdya- Pelaksana harian (Plh) Danramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Edi Mailiswar mengungkapkan bahwa jajarannya secara masif masih terus melakukan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) tersebar di 14 Desa dalam Kecamatan Babahrot. 


Upaya tersebut dilakukan oleh para Babinsa dengan cara humanis melalui metode langsung temu sapa petani di kebun. 


"Di luar dari program pertanian, jajaran kita masih terus melakukan sosialisasi Karhutla," ungkap Kapten Inf Edi kepada pewarta di Babahrot, Sabtu (17/9/2022). 


Lanjutnya, sosialisasi Karhutla penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan lahan. Terlebih pada Agustus-September merupakan puncak dari musim kemarau. 


Musim panas acap dimanfaatkan para petani setempat untuk kegiatan pembersihan lahan dengan cara pembakaran. Cara kerja ini dianggap praktis dan efisien karena petani tidak perlu mengeluarkan biaya ongkos babat. 


Oleh karenanya, untuk mengubah pola lama tersebut para Babinsa Koramil Babahrot melakukan jemput bola, blusukan ke kebun dan mengedukasi langsung para petani tentang larangan Karhutla. 


"Sejauh ini mereka patuh dan kooperatif terhadap imbauan kita. Mudah-mudahan kesadaran ini bisa seterusnya, sehingga kasus Karhutla tidak lagi terjadi," singkatnya.