Sambang Pasar, Babinsa Tangan-tangan Pantau Harga Sembako
Cari Berita

Advertisement

Sambang Pasar, Babinsa Tangan-tangan Pantau Harga Sembako

Heri Purwanto
Senin, 26 September 2022


Abdya- Babinsa Koramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya Koptu Irsan turun ke pasar tradisional Tanjung Bunga di kawasan Gunung Cut Kecamatan Tangan-tangan, untuk mengecek ketersediaan harga bahan pokok, Senin (26/9/2022).


Berbagai harga komoditi Sembako, sayuran dan daging ditatar Babinsa secara rinci. 


Terpisah, Pelaksana harian (Plh) Danramil 05/Tangan-tangan Serma Dirmansyah mengatakan kegiatan Babinsa sambang pasar selain bertujuan untuk memantau perkembangan ekonomi juga untuk mempererat kedekatan TNI dengan para pedagang. 


"Tujuannya adalah untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar pasar, serta memantau stabilitas harga sembako," jelasnya. 


Serma Dirman mengatakan, pelaksanaan monitoring atau pengecekan yang dilakukannya itu sebagai bentuk dan peran setiap personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam mengayomi masyarakat.


”Dengan turun ke pasar tradisional, tentunya dapat membuka komunikasi kita dengan pedagang serta pembeli, baik itu soal harga hingga kenyamanan saat belanja di pasar,” imbuhnya.


Dalam Komsos tersebut, melalui bahasa humanis Babinsa juga menghimbau kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi mana kala terjadi lonjakan harga.


"Kegiatan ini dalam rangka deteksi dini, agar harga tidak melonjak secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar induk demi terwujudnya ketahanan pangan nasional," katanya.


Lanjutnya Serma Dirman menyebutkan kegiatan sambang pasar ini juga sebagai upaya untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama terkait harga-harga bahan pokok.


”Terakhir, kita juga menghimbau kepada pedagang, agar tidak menimbun Sembako, karena dapat menyebabkan keresahan dan kesulitan bagi masyarakat," singkatnya.