Prajurit Kodim Abdya Peringati Hari Sumpah Pemuda
Cari Berita

Advertisement

Prajurit Kodim Abdya Peringati Hari Sumpah Pemuda

Heri Purwanto
Jumat, 28 Oktober 2022



Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 di lingkungan Kodim 0110/Abdya, berlangsung di lapangan upacara Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Jum’at (28/10/2022).


Prosesi upacara berjalan tertib dan khidmat diikuti seluruh prajurit Kodim 0110/Abdya mulai dari Tamtama, Bintara hingga Perwira dengan tajuk "Bersatu Bangun Bangsa”.


Dalam amanatnya, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi menyampaikan ulang sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali diantaranya menyampaikan, bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah suatu upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.


Dikatakannya, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.


“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” jelasnya.


Lebih lanjut disebutkan Pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level Nasional maupun Internasional. Menurutnya hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun ada kekhawatiran bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.


“Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” ujarnya.


Dirinya mengajak seluruh elemen bangsa bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara agar menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia guna mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.


“Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” tegasnya.


Di akhir sambutan Menpora Dandim mengimbau agar momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa.