Kodim Abdya Bekali Seratusan Pelajar SLTA Paham Bela Negara
Cari Berita

Advertisement

Kodim Abdya Bekali Seratusan Pelajar SLTA Paham Bela Negara

Heri Purwanto
Kamis, 17 November 2022



Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi memberikan materi Bela Negara kepada 100 pelajar tingkat SLTA Se-Kabupaten Abdya di aula Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Kamis (17/11/2022). 


Dandim mengatakan bahwa Bela Negara bukan hanya Kewajiban TNI-Polri saja, namun kewajiban seluruh Rakyat Indonesia tidak terkecuali pelajar dan remaja. 


"Sejatinya, Bela Negara ini adalah hak dan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia," jelas Dandim. 


Dandim mengatakan konteks Bela Negara di era kekinian tentunya sangat berbeda dengan jaman masa penjajahan. Pesatnya tekonologi saat ini berdampak pada terkikisnya jiwa dan semangat nasionalisme, dan secara laten telah menjajah semua generasi. 


Dandim mengajak para pelajar agar lebih jeli dan bijak dalam penggunaan media sosial. Dalihnya di balik globalisasi tersebut ada musuh nyata yang mengajak untuk melupakan nilai-nilai budaya bangsa, etika sopan santun, solidaritas dan faham radikalisme. 


"Target sasaran utamanya yaitu remaja dan pelajar, karena berperan sebagai generasi bangsa. Jadi, maju mundurnya bangsa ini ada di tangan pelajar, penerus generasi bangsa," terang Dandim. 


Lanjutnya Dandim melalui Pasiter Kapten Inf Azwani memaparkan materi tentang ruang lingkup Bela Negara sesuai dengan kategori pelajar yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 


Kegiatan Bela Negara triwulan IV Kodim 0110/Abdya ini disambut baik oleh para pelajar dan perwakilan guru. Mereka berharap program tersebut rutin dilaksanakan dan digelar langsung di sekolah secara bergantian.