Rutin Turun ke Pasar, Babinsa Pantau Harga Sembako
Cari Berita

Advertisement

Rutin Turun ke Pasar, Babinsa Pantau Harga Sembako

Heri Purwanto
Selasa, 15 November 2022



Abdya- Babinsa Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya Koptu Darwanto turun ke pasar tradisional di kawasan Lhang Kecamatan Setia, untuk mengecek ketersediaan harga bahan pokok, Selasa (26/9/2022).


Melalui dialog humanis Babinsa menatar rincian harga Sembako, sayuran, daging dan ikan yang tersedia di pasar setempat. 


Terpisah, Danpos Ramil Setia Serma SY Lubis mengatakan kegiatan Babinsa sambang pasar selain bertujuan untuk memantau perkembangan ekonomi juga untuk mempererat kedekatan TNI dengan para pedagang. 


"Tujuannya adalah untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar pasar, serta memantau stabilitas harga sembako," jelasnya. 


Serma Lubis mengatakan, pelaksanaan monitoring atau pengecekan yang dilakukannya itu sebagai bentuk dan peran setiap personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam mengayomi masyarakat.


”Dengan turun ke pasar tradisional, tentunya dapat membuka komunikasi kita dengan pedagang serta pembeli, baik itu soal harga hingga kenyamanan saat belanja di pasar,” imbuhnya.


Dalam Komsos tersebut, melalui bahasa humanis Babinsa juga menghimbau kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi mana kala terjadi lonjakan harga.


"Kegiatan ini dalam rangka deteksi dini, agar harga tidak melonjak secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar induk demi terwujudnya ketahanan pangan nasional," katanya.


Lanjutnya ia menyebutkan kegiatan sambang pasar ini juga sebagai upaya untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama terkait harga-harga bahan pokok.


”Terakhir, kita juga menghimbau kepada pedagang, agar tidak menimbun Sembako, karena dapat menyebabkan keresahan dan kesulitan bagi masyarakat," singkatnya.