Babinsa dan Sinergi Penyuluh Cek Kesuburan Padi di Manggeng
Cari Berita

Advertisement

Babinsa dan Sinergi Penyuluh Cek Kesuburan Padi di Manggeng

Heri Purwanto
Kamis, 15 Desember 2022



Abdya - Babinsa Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya Koptu Mufti beserta tenaga Penyuluh dan PPL wilayah Manggeng melaksanakan pengecekan kesuburan padi di lahan Poktan Ingin Jaya seluas 2Ha di Desa Tokoh, Manggeng, Kamis (15/12/2022).


Dalam pantauannya tersebut Babinsa beserta sinergi mengecek kualitas tanaman padi mulai dari daun dan batang. Tidak terhenti di situ ia juga melakukan identifikasi terhadap serangan hama.


“Kalau ada kendala dan perlu bantuan jangan sungkan telpon kita,” ujar Babinsa.


Lebih lanjut, Koptu Mufti menyarankan  agar tanaman padi tersebut diintensifkan pemupukannya agar lebih tumbuh subur perkembangan daun dan batangnya, demikian juga dalam hal penggunaan air.


Terpisah, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Pasiter Kapten Inf Azwani dalam konfirmasinya menerangkan bahwa pihaknya berupaya sebisa mungkin untuk menyukseskan program nasional swasembada pangan khususnya beras.  Oleh karena itu jajarannya senatiasa melakukan pendampingan petani dengan cara turun langsung ke sawah.


“Bersama dengan tim penyuluh serta perangkat terkait lainnya, kami juga melakukan sosialisasi dan aplikasi di lapangan seperti teknis cara perawatan padi, pengendalian hama, sampai dengan tahap terakhir pengubinan,” ungkapnya.


Pasiter  berharap upaya khusus (Upsus) yang telah dilakukannya tersebut berdampak pada peningkatan produktivitas pertanain, agar taraf ekonomi rakyat di masa pandemi stabil dan meningkat.