Didukung Babinsa, Petani di Jeumpa Mulai Lirik Kembangkan Budidaya Kacang Tanah
Cari Berita

Advertisement

Didukung Babinsa, Petani di Jeumpa Mulai Lirik Kembangkan Budidaya Kacang Tanah

Heri Purwanto
Minggu, 29 Januari 2023


Abdya - Sejumlah petani di Kabupaten Aceh Barat Daya terutama wilayah Kecamatan Jeumpa mulai melirik mengembangkan usaha budidaya komoditi kacang tanah.


Petani setempat beralasan, permintaan pasar terhadap kebutuhan kacang tanah cenderung terus meningkat.


Salah satu petani, Ikhsan (45) menyebutkan pengembangan pertanian kacang tanah tersebut mendapat dukungan positif dari apara Babinsa. Ia mengatakan aplikasi nyata dukungan itu ditunjukan dengan membantu petani mulai dari rencana pembersihan lahan hingga panen dan pemasaran. 


"Alhamdulillah, kondisi pasar bagus, ditambah lagi pertanian ini didukung penuh pak Babinsa," kata petani di Jeumpa Barat, Minggu (29/1/2023). 


Plh. Danramil 03/Jeumpa Kodim 0110/Abdya Peltu Arif Lizar saat dikonfirmasi membenarkan budidaya pertanian kacang tanah saat ini mulai ngetrend. Meski demikian, para petani binaannya tidak lekas meninggalkan fokus pertanian padi. 


Menyoal pemasaran, Peltu Arif mengatakan hasil kacang tanah di wilayahnya itu menembus ke luar daerah diantaranya pesisir barat selatan Aceh dan Medan. 


"Kita dorong para petani memanfaatkan potensi pasar ini. Dan alhamdulillah, mereka telah sering meraup untung," katanya. 


Informasi dihimpun, harga kacang tanah dari para petani berkisar Rp. 14-15 ribu perKg. Harga ini melambung tinggi dengan harga di pasaran dapat menembus hingga Rp. 17-18 ribu perKg.