Cegah Banjir, Bersama Warga Babinsa Bersihkan Irigasi Saluran Air
Cari Berita

Advertisement

Cegah Banjir, Bersama Warga Babinsa Bersihkan Irigasi Saluran Air

Ravi Sagala
Senin, 06 Februari 2023


Abdya - Hujan merupakan salah satu musim yang dinanti oleh petani untuk memulai menanam padi, maka dari itu tidak menutup kemungkinan bagi para petani jika mereka tidak memperhatikan kebersihan lingkungan serta irigasi saluran air maka hal ini bisa mengakibatkan terjadinya luapan air (banjir).


Hal yang seperti inilah mendapat perhatian oleh Babinsa Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Koptu Saiful Saputra dengan bersama warga Desa Tokoh Kecamatan Lembah Sabil, Senin (6/2/2023). Mereka bekerja sama dalam membersihkan saluran irigasi guna mendapatkan sumber air.


Adanya tujuan yang dilakukan tersebut untuk membersihkan berbagai hal yang menjadi penghambat seperti tumbuhan, tanaman liar dan sampah yang dapat mengakibatkan terjadinya luapan air (banjir).


Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana TNI khususnya Babinsa untuk mempererat hubungan silaturahmi terhadap warganya melalui kegiatan gotong royong tersebut.


"Mari kita sama-sama mulai tanamkan pada diri sendiri untuk menjaga kebersihan, sehingga dengan seperti itu kita dapat peduli terhadap lingkungan sekitat kita." Ucap Babinsa.


Diketahui dalam kegiatan tersebut, masyarakat terlihat sangat bersemangat dan saling membantu dalam membersihkan saluran irigasi air dari tanaman liar hingga tumpukan sampah sampai dahan sawit yang menghambat aliran. Dan jika saluran air ini tidak segera dibersihkan oleh warga maka yang terjadi adalah luapan air (banjir) akibat tersumbatnya saluran tersebut.


Selanjutnya, jika saluran air ini tidak dibersihkan  dan saluran air tersumbat, itu semua dapat merugikan para petani semua. Pasalnya saluran air ini adalah salah satu penghubung untuk menuju ke areal lahan pertanian masyarakat yang berakibat terjadinya gagal tanam yang disebabkan oleh luapan air (banjir) tersebut.


"Ini upaya kita bersama dalam mencegah terjadinya banjir, serta kita dapat mendukung peningkatan produktivitas pertanian dalam mewujudkan ekonomi yang baik." Tutup Babinsa.