Sulap Lahan Tidur, Babinsa Jeumpa Apresiasi Petani Kangkung
Cari Berita

Advertisement

Sulap Lahan Tidur, Babinsa Jeumpa Apresiasi Petani Kangkung

Heri Purwanto
Jumat, 10 Februari 2023


Abdya- Babinsa Koramil 03/Jeumpa Kodim 0110/Abdya Koptu Ismuhadi mengunjungi lapak produksi tanaman kangkung milik warga binaan di kawasan Alue Rambut Kecamatan Jeumpa, Jumat (10/2/2023). 


Dalam kunjungannya Babinsa mengapresiasi keuletan Tarmizi (40) yang berhasil menyulap sebidang lahan tidur seluas 300meter menjadi lahan produktif. Kebun yang dirintis sejak pasca pandemi 2022 lalu itu diklaim Tarmizi telah mampu menyangga ekonomi harian bagi keluarganya. 


"Mantap. Ini patut dicontoh oleh warga lain. Cerdas, pandai memanfaatkan potensi lahan tidur menjadi sumber ekonomi," ucap Babinsa. 


Senada dengan itu, Tarmizi mengungkapkan bahwa kesuksesan yang diraihnya itu tidak terlepas dari peran serta dan dorongan Babinsa. Ia mengakui dukungan semangat dan bantuan kerja Babinsa saat pembukaan lahan, menjadi modal utama dirinya dalam berkebun. 


"Bagi saya itu adalah modal yang tidak akan pernah habis. Terimakasih Babinsa," terangnya. 


Tarmizi mengatakan, hasil tanaman kangkung miliknya itu tidak pernah putus diorder oleh pasar dalam dan luar Kecamatan. Bahkan beberapa kali ia sempat menerima pesanan partai besar dari agen pasar Nagan Raya. 


Meski sukses di komoditi sayuran, Tarmizi mengakui dirinya tidak serta merta meninggalkan pertanian padi. Menurut dia, bertanam sayuran kangkung dan sejenisnya adalah selingan pengisi waktu di kala libur bersawah. 


"Saya lahir dan besar dari petani padi, dari program ketahanan pangan sebelumnya. Program ini harus terus didukung dan dikuatkan," katanya.