Maksimalkan Komoditi Padi, Babinsa Kawal Jadwal Pemupukan
Cari Berita

Advertisement

Maksimalkan Komoditi Padi, Babinsa Kawal Jadwal Pemupukan

Heri Purwanto
Rabu, 08 Maret 2023


Abdya- Sejumlah lahan sawah di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di antaranya di Kecamatan Setia telah rampung melakukan tanam padi musim rendengan. 


Masa tanaman penghasil beras tersebut umumnya kini telah memasuki pekan keempat 


Salah satu petani, Heri (53) asal Desa Cinta Makmur mengungkapkan perkiraannya tanaman padi miliknya pada musim rendengan ini akan kembali melimpah. Perkiraannya tersebut berdasar karena perkembangan padi miliknya berdaun lebat tidak terindikasi hama. 


"Insya Allah hasil panen nanti kembali meningkat. Otomatis ini menambah angka surflus pangan di Abdya," ungkap Heri di lokasi, Rabu (8/3/2023).


Ia mengimbuhkan, keberhasilannya itu tidak terlepas dari peran serta Babinsa. Secara intens TNI dari jajaran Kodim 0110/Abdya mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan, penyiapan bibit, penanaman, bahkan sama-sama turun ke sawah bantu petani penyemprotan padi.


Menanggapi hal itu, terpisah Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Azwani mengatakan, pendampingan pertanian yang dilakukan oleh pihaknya merupakan bentuk upaya dalam mendukung program pemerintah swasembada pangan. Output dari pendampingannya itu adalah semata untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi petani.


Danramil berujar, bagi Abdya sektor pertanian adalah lini ekonomi utama. Potensi ini menjadi prioritas dan terus dikembangkan kekuatannya dengan menggandeng peran serta Babinsa sebagai pendamping. 


"Terlebih ketahanan pangan ini juga berdampak pada penurunan stunting. Jadi dengan maksimal akan terus kita dukung," jelas Pasiter.