Babinsa Dorong Warga di Setia Tanam Jahe Untuk Ekonomi
Cari Berita

Advertisement

Babinsa Dorong Warga di Setia Tanam Jahe Untuk Ekonomi

Heri Purwanto
Selasa, 11 April 2023


Abdya- Anggota Babinsa Pos Ramil 08/Setia Kodim 0110/Abdya mendorong petani setempat giat membudidayakan tanaman Jahe untuk ekonomi. 


Support dari TNI ini diaplikasikan dengan dilakukannya pendampingan khusus kepada beberapa petani yang berniat menanam jahe dimulai dari proses pembukaan lahan, pembibitan, penanaman dan perawatan. 


Danpos Ramil Setia SY Lubis mengatakan lahan nganggur alias tidak produktif di wilayahnya masih luas. Ia menyayangkan lahan tersebut sejatinya sangat subur dan potensial untuk ekonomi pertanian. 


"Maka dari itu untuk merangsang geliat  tersebut, ini kita coba kampanyekan lahan model jahe, biayanya murah dan praktis," ungkap SY Lubis di lokasi kebun jahe, kawasan Lhang Kecamatan Setia, Selasa (11/4/2023). 


Danpos Ramil menambahkan motivasi pihaknya mendorong geliat pertanian di wilayah adalah untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi petani dan menguatkan ketahanan pangan dari berbagai komoditi. Upaya dukungan tersebut secara serius telah dilakukan salah satunya dengan memberikan pendampingan serta transfer ilmu kepada petani. 


"Kita berharap ke depan selain padi, Abdya ini juga bisa terkenal sebagai daerah penghasil jahe, baik di Aceh maupun nasional. Bila ini serius dilakukan oleh para petani, bukan mustahil asa itu akan tercapai," singkatnya.