Asah Kemampuan Babinsa, Kodim Abdya Gelar Latnister
Cari Berita

Advertisement

Asah Kemampuan Babinsa, Kodim Abdya Gelar Latnister

Heri Purwanto
Kamis, 25 Mei 2023


Abdya- Kodim 0110/Abdya menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Tahun Anggaran 2023 dalam rangka mengasah kemampuan personel Babinsa, berlangsung di Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Kamis (25/3/2023).


Kegiatan latihan yang mengupas tentang ilmu Kewilayahan ini dibuka langsung Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi. 


Dalam rilisnya kepada media ini, Dandim mengatakan bahwa Latnister adalah salah satu metoda latihan yang diprioritaskan lebih kepada Babinsa untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya sebagai aparat teritorial.


Melalui wadah tersebut, para Babinsa akan merefresh kembali soal kemampuan dan pengetahuannya tentang Kewilayahan, sehingga diharapkan dalam aplikasi tugasnya Babinsa akan lebih percaya diri dan profesional. 


"Utamanya adalah percaya diri.  Babinsa harus memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih soal Kewilayahan. Jika kunci itu dikuasai maka segala tugas pokok yang diprogramkan TNI AD akan terlaksana dengan baik," ujarnya. 


Perwira Seksi Operasi Lettu Inf Razali menerangkan dalam agendanya latihan ini dilangsungkan selama lima hari mulai hari ini Kamis (25/5) hingga Selasa (30/5). Para Babinsa diasah kembali kemampuannya seputar lima kemampuan teritorial yang meliputi temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial serta lima sikap teritorial dan praktek membuat peta jarak jaring teritorial.


"Output dari latihan ini diharapkan para Babinsa mampu melakukan deteksi dini serta pencegahannya terhadap segala potensi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban wilayah binannya," jelas Pasiops.