Dukung Regsosek 2023, Babinsa Minta Intensifkan Sosialisasi
Cari Berita

Advertisement

Dukung Regsosek 2023, Babinsa Minta Intensifkan Sosialisasi

Heri Purwanto
Kamis, 04 Mei 2023


Abdya - Kurangnya pemahaman masyarakat tentang tujuan dan manfaat progran Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dapat menghambat pendataan. Tidak sedikit masyarakat menghindar dan tidak kooperatif saat disensus oleh petugas. 


Hal tersebut diungkap oleh Babinsa Koramil 05/Tangan-tangan Kodim 0110/Abdya Serka Noprijal pada acara Forum Konsultasi Publik tentang pendataan awal Regsosek dihadiri para perangkat Desa Ie Lhop di aula kantor desa setempat, Kamis (4/5/2023).


Babinsa menyebutkan perlu dilakukan sosialisasi yang lebih intens kepada warga agar tidak khawatir saat dilakukan pendataan oleh petugas. 


"Masih ada warga yang menghindar untuk didata. Mereka khawatir semua hartanya akan dikenai pajak," terangnya. 


Oleh karenanya Babinsa menyarankan agar dalam setiap kegiatan dengan warga baik formal maupun normal penting diinformasikan tentang program Regsosek. Bila itu terlaksana maka keputusan kebijakan pemerintah berikutnya akan lebih maksimal sesuai dengan kondisi sosial ekonomi di wilayah. 


Sebagai informasi, jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya sejak awal tahun telah bersinergi mendampingi petugas sensus untuk menyukseskan program Regsosek tersebar di 152 desa, dalam 9 kecamatan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).  


Variabel yang dikumpulkan melalui pendataan Regsosek antara lain variabel kependudukan dan ketenagakerjaan, perlindungan sosial, perumahan, pendidikan, kesehatan dan disabilitas, serta pemberdayaan ekonomi.


Regsosek digelar karena saat ini cakupan data sosial ekonomi penduduk yang tersedia masih terbatas. Data Regsosek nantinya akan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dari pemerintah seperti pendidikan, Bansos, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.


Regsosek itu sendiri adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal. Lanjutnya data itu menjadi acuan pemerintah dalam menggulirkan berbagai program secara terintegrasi dan lebih efisien.