Masuki Musim Kemarau, kodim Abdya Gelar Latihan Gabungan Penanggulangan Kebakaran
Cari Berita

Advertisement

Masuki Musim Kemarau, kodim Abdya Gelar Latihan Gabungan Penanggulangan Kebakaran

Heri Purwanto
Rabu, 24 Mei 2023


Abdya- Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menanggulangi bencana kebakaran di hutan lahan dan pemukiman, Kodim 0110/Abdya menggelar latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal), terpusat di komplek Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie  Rabu (24/5/2023). 


Latihan yang digelar secara terintegrasi dan bersinergi ini diikuti tiga ratusan personel gabungan dari TNI, Polri, BPBK-Damkar, Tagana, Dinsos  Dinkes dan komponen masyarakat. 


Gelaran latihan yang berlangsung selama satu hari penuh ini dimulai dengan apel pemeriksaan pasukan dan Sarpras pendukung dipimpin langsung Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi beserta Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha dan Kepala BPBK Abdya Armayadi. 


Dandim mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengintegrasi seluruh komponen yang ada di Abdya dalam menanggulangi bencana kebakaran. Menurutnya, saat musim kemarau potensi kebakaran dalam wilayah setempat cukup tinggi. 


"Sangat rawan terjadi kebakaran hutan, lahan dan pemukiman. Untuk itu dengan terintegrasinya latihan ini diharapkan masing-masing sudah tahu apa berbuat apa dan bagaimana bila ada kebakaran. Walaupun itu tidak kita inginkan bersama," katanya. 


Dandim berharap kepada seluruh masyarakat tetap selalu waspada dan menghindari segala kegiatan yang bisa memicu kebakaran seperti membakar rumput untuk mempercepat pembersihan lahan, membuang puntung rokok sembarangan, dan abai tidak menjaga keamanan instalasi listrik. 


Dandim Abdya ini juga menegaskan pihaknya telah mewajibkan prajurit di jajarannya untuk turun langsung ke lokasi membantu masyarakat, bilamana terjadi bencana. 


"Jadi tidak harus menunggu perintah dari saya. Saat itu juga prajurit wajib bergabung bersama Kepolisian, BPBK dan pihak lainnya membantu masyarakat sehingga kerugian jiwa dan materil bisa kita eliminir," tandasnya. 


Salah satu peserta, Fitriyani (24) mengaku senang bisa mengikuti kegiatan latihan penanggulangan kebakaran. Menurutnya hal itu sangat bermanfaat. Peserta jadi mengetahui bagaimana cara memadamkan kebakaran api yang baik dan benar. 


"Bagus. Menambah pengetahuan  terutama bagi kami ibu-ibu yang bisa terjadi akibat api kompor maupun lainnya. Kami harap latihan bisa dilakukan secara berkesinambungan," singkatnya. 


Dalam latihan tersebut, seluruh peserta latihan dikenalkan berbagai jenis Alat Pemadam Kebakaran (APK) beserta dengan teori spesifikasi dan praktek penggunaan. Peserta juga diberikan edukasi tentang penanganan korban akibat kebakaran. Materi latihan ini secara keseluruhan diaplikasikan melalui simulasi penanggulangan kebakaran di pemukiman dan hutan lahan.