TNI Polri di Jeumpa Dampingi 19 Warga Ekstrim Miskin Terima BLT
Cari Berita

Advertisement

TNI Polri di Jeumpa Dampingi 19 Warga Ekstrim Miskin Terima BLT

Heri Purwanto
Rabu, 03 Mei 2023


Abdya- Guna memastikan bantalan sosial yang dikucurkan pemerintah tepat sasaran, Babinsa Koramil 03/Jeumpa Kodim 0110/Abdya Sertu Mimi Suwardi bersama sinergi Bhabinkamtibmas Bripka Hirjal mendampingi perangkat Desa Padang Geulumpang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, di aula kantor Desa setempat, Rabu (3/5/2023). 


Dalam forum tersebut, 19 Kepala Keluarga kategori ekstrim miskin menerima bantuan uang tunai masing-masing sebesar  Rp. 600 ribu terhitung untuk periode bulan April dan Mei. 


Terpisah, Pelaksana harian Danramil Jeumpa Peltu Arif Lizar mengatakan, kehadiran sinergi Babinsa dalam kegiatan tersebut untuk memastikan tujuan bantuan tepat sasaran dan mengantisipasi terjadinya tumpang tindih penerima ganda. 


Ia menyebut, sebelum disalurkan, perangkat desa beserta pendamping terkait dan pihaknya melakukan  pendataan terhadap warga yang layak diajukan sebagai penerima. 


Kriteria penerima tersebut diantaranya warga tidak mampu yang mengalami sakit menahun dan tercatat belum pernah terdata sebagai penerima bantuan lainnya. 


"Agar tidak terjadi penerima ganda, pendataan itu dilakukan secara ketat dan valid," terangnya. 


Plh. Danramil berharap, program bantuan pemerintah yang digulirkan  bisa bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


"Karena ini menyangkut dengan hajat hidup orang banyak, kita selalu ingatkan pada perangkat desa agar selalu amanah dan transparan dalam pengelolaan bantuan," katanya.


Plh. Danramil menandaskan imbauan tersebut ditujukan agar para perangkat yang mengawaki keuangan Bansos dan dana desa selamat dari sandungan hukum. Para Babinsa yang tersebar di wilayah secara humanis juga rutin memberikan imbauan pada warga khususnya keluarga penerima manfaat agar bisa mandiri dan tidak sepenuhnya bergantung pada bantalan sosial pemerintah.


"Kita ajak mereka meningkatkan ekonomi salah satunya melalui sektor pertanian," tandasnya.