Cegah Gagal Panen, Babinsa Minta Petani di Lhok Gayo Intens Kontrol Padi
Cari Berita

Advertisement

Cegah Gagal Panen, Babinsa Minta Petani di Lhok Gayo Intens Kontrol Padi

Heri Purwanto
Kamis, 28 Maret 2024



Abdya - Babinsa Koramil 07/Babahrot Kodim 0110/Abdya Serda Darmanto mendampingi petani binaan, Wawan (34) mengecek kematangan padi di pesawahan Poktan Jaya seluas 1 Ha di Desa Geunangan Jaya Kecamatan Babahrot, Kamis (28/3/2024).


Dalam pendampingan tersebut Babinsa beserta petani secara random mengecek indikasi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) atau hama secara random mulai dari daun hingga batang. 


“Kalau ada kendala dan perlu bantuan nanti jangan sungkan telpon saya,” ujar Babinsa.


Dari hasil reviewnya Babinsa Darmanto menyarankan petani agar lebih intens mengontrol sawah mengingat tanaman padi di wilayah itu telah memasuki fase reproduktif. 


"Ini harus rutin dikontrol pak agar tidak gagal panen. Kita khawatir bila tidak rutin dikontrol gangguan hama akan semakin menjadi," ingatnya. 


Terpisah, Plh. Danramil 07/Babahrot Kapten Edi Mailiswar melalui Bati Tuud Serma Hanif dalam konfirmasinya menerangkan bahwa pihaknya tetap komit membantu petani untuk menyukseskan program nasional swasembada pangan.


Ia menegaskan komitmen pihaknya itu ditunjukan oleh jajarannya salah satunya dengan konstan memberikan pendampingan terhadap para petani dari hulu ke hilir. 


“Bersama dengan tim penyuluh serta perangkat terkait lainnya, kita juga melakukan sosialisasi dan aplikasi di lapangan seperti teknis cara perawatan padi, pengendalian hama, sampai dengan tahap terakhir pengubinan,” ungkapnya.


Bati Tuud berharap upaya khusus (Upsus) yang telah dilakukan pihaknya bisa berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian, agar taraf ekonomi rakyat terus semakin stabil dan meningkat.