Dandim Abdya Ajak Unsur Pemerintah dan Insan Pers Saksikan KASAD Award
Cari Berita

Advertisement

Dandim Abdya Ajak Unsur Pemerintah dan Insan Pers Saksikan KASAD Award

Heri Purwanto
Selasa, 11 Juli 2023


Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi beserta sejumlah perwakilan Forkopimda, Legislatif dan Insan Pers wilayah Aceh Barat Daya (Abdya) menyaksikan live streeming puncak KASAD Award 2023 di aula Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Senin (10/7/2023) malam. 


Acara siaran langsung yang dikoneksikan chanel YouTube TNI AD (Dispenad) bekerjasama dengan media Tempo ini juga diikuti oleh seluruh prajurit jajaran Kodim Abdya tersebar di 9 Kecamatan dalam wilayah setempat. 


Pada acara itu Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengapresiasi peran media yang telah mempublikasikan peran serta TNI dalam membangun bangsa. Menurut KASAD tanpa andil media, segala kegiatan yang dilakukan oleh komponen bangsa umumnya prajurit TNI tidak akan ada artinya. 


Oleh karena itu Jenderal Dudung mengungkap bahwa KASAD Award digelar sebagai representasi penghormatan dan penghargaan tertinggi TNI AD terhadap media. 


"Khususnya TNI AD, kami memandang peran media selama ini telah berperan aktif bersama-sama membangun bangsa. Cara itu dilakukan dengan mengangkat berita yang berkaitan dengan isu-isu strategis pemerintah," katanya.


Melalui berita itu, kata KASAD, media telah mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya merajut kebersamaan dalam membangun bangsa. Jenderal Dudung menyebut Isu-isu strategis ini adalah yang berkaitan tentang Keberagaman dan Toleransi, Melawan Radikalisme, Pengarusutamaan Gender, Inovasi Digital, Solidaritas Internasional, TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat, Pembangunan di Daerah 3T, Perlindungan Anak, Menekan Stunting dan Pelestarian Kebudayaan. 


Ditemui RRI usai acara, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi setuju peran media saat ini menjadi alat utama penyambung informasi. Dandim berharap posisi strategis yang dimiliki oleh media ini benar-benar dapat dimanfaatkan untuk mencerdaskan bangsa. 


"Kita setuju media saat ini turut berkontribusi dalam mencari solusi permasalahan. Namun kita berharap dengan kebebasannya ini media tetap mengedepankan berita yang akurat, berimbang dan independen," singkat Dandim. **