Cegah Banjir, Gabungan TNI-Polri dan Warga Bersihkan Sampahkan di Pasar Blangpidie
Cari Berita

Advertisement

Cegah Banjir, Gabungan TNI-Polri dan Warga Bersihkan Sampahkan di Pasar Blangpidie

Heri Purwanto
Rabu, 06 Desember 2023


Abdya- Puluhan personel TNI bersama gabungan Polri, Satpol PP, Tagana dan elemenen Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh Barat Daya (Abdya) gotong royong membersihkan sampah di komplek pasar Blangpidie, Rabu (6/12/2023). 


Aksi pembersihan itu dipimpin langsung Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi didampingi Kabag Ops Polres Abdya AKP Basridar dan Kasatpol PP, Hamdi.


"Kegiatan pembersihan sampah ini digelar serentak seluruh Indonesia, tujuannya untuk mengurangi resiko bencana banjir di musim penghujan dan mencegah penyebaran wabah penyakit," kata Dandim kepada awak media. 


Ia mengungkapkan, meski daerah Abdya kondusif terhadap bencana banjir, namun tidak menutup kemungkinan genangan air akan terjadi dampak dari sumbatan sampah. 


Untuk menghindari hal itu, pada moment tersebut pihaknya bersama elemen gabungan fokus membersihkan tumpukan sampah mulai dari pinggiran jalan hingga saluran parit. 


"Kita juga menghimbau masyarakat khususnya warga pasar, agar meningkatkan kepedulian menjaga kebersihan lingkungan dan tidak lagi membuang sampah sembarangan," ujarnya. 


Dandim menandaskan, aksi massal preventif banjir ini juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon, terpusat di sepanjang kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Susoh. Ia berharap selain berguna untuk serapan air, ratusan bibit pohon produktif itu nantinya juga dapat bermanfaat sebagai sumber tambahan ekonomi masyarakat sekitar.