Dandim Abdya Hadiri Apel Deklarasi Pemilu Damai 2024
Cari Berita

Advertisement

Dandim Abdya Hadiri Apel Deklarasi Pemilu Damai 2024

Heri Purwanto
Selasa, 02 Januari 2024


Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Barat Daya (Abdya) menghadiri apel Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, berlangsung di lapangan Pemkab setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Selasa (2/1/2024). 


Gelaran kegiatan yang diinisiasi oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya ini dipimpin langsung Pj. Bupati H. Darmansah, S.Pd., MM. 


Dalam sambutannya Pj. Bupati mengatakan deklarasi ini setidaknya menjadi komitmen awal untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman, dan tertib. Ia mengajak seluruh masyarakat terutama kepada para kontestan politik agar tidak ikut menyebarkan informasi bohong (hoax) maupun ujaran kebencian yang dapat merusak persatuan. 


"Kita semua berharap pesta demokrasi 2024 ini dapat berlangsung secara aman dan damai mulai dari masa kampanye hingga akhir perhitungan suara nanti," ucapnya. 


Darmansah melanjutkan, untuk mewujudkan harapan tersebut perlu adanya kerja sama aktif dan dukungan dari semua pihak. Dia menyerukan kepada penyelenggara Pemilu dan semua partai politik untuk bekerja sama dalam menciptakan iklim politik yang sehat dan menghindari konflik atau tindakan melanggar hukum yang dapat mengganggu proses demokrasi.


"Mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat sejatinya adalah bukan tugas TNI Polri saja, melainkan tugas kita semua. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama dan dukungan yang kuat dari semua pihak," tegasnya. 


Darmansah mengungkap untuk mendukung suksesnya Pemilu yang aman dan damai, Pemerintahan Abdya juga memastikan akan bersikap netral, tidak terlibat serta tidak memihak pada kubu politik mana pun. Langkah itu ditunjukan dengan telah dilakukannya ikral netralitas ASN yang dimulai pada Oktober lalu. 


“Harapannya, deklarasi ini tidak hanya menjadi seremoni saja melainkan menjadi bukti bahwa kita semua mendukung Pemilu 2024 ini berjalan aman dan damai demi kemajuan Indonesia yang lebih baik," katanya. 


Pantauan pewarta, usai gelaran apel Instansi pemerintah dan pihak terkait melakukan penandatanganan naskah deklarasi Pemilu damai. Acara itu juga diisi dengan simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara Pemilu 2024.