Dandim Abdya dan Pemda Ikuti Rakornis TMMD ke-119
Cari Berita

Advertisement

Dandim Abdya dan Pemda Ikuti Rakornis TMMD ke-119

Heri Purwanto
Rabu, 07 Februari 2024


Abdya- Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi menyebutkan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk sinergi dalam menyukseskan pembangunan daerah.


Dandim berujar pembangunan daerah memerlukan kolaborasi dan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat dan stakeholder sehingga wacana pemerintah salah satunya akselerasi pembangunan dapat tercapai optimal. 


Pernyataan itu dilontarkan Dandim usai gelaran Video Conferensi (Vicon) Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-119 di ruang data MaKodim setempat, Rabu (7/2/2023). 


Rakornis tersebut dibuka langsung oleh Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. mengusung tema "TMMD 119 TA 2024 adalah Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah".


Rapat virtual turut dihadiri Pj. Bupati Abdya Darmansah, Ketua DPRK Nurdianto, Kepala Bapeda Firmansyah dan perwakilan Instansi Pemerintah setempat. 


"Program TMMD ini adalah program lintas sektoral, karena dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Pemerintah Daerah, swasta dan unsur utama yaitu masyarakat," terang Dandim. 


Oleh karenanya, imbuh Dandim, untuk menyukseskan target program tersebut diperlukan sinergitas yang baik dari seluruh elemen. Selama 30 hari, TNI bersama dengan rakyat serta multi komponen bahu membahu melakukan percepatan pembangunan secara fisik dan non fisik. 


Dandim menandaskan kegiatan TMMD juga sebagai wadah efektif untuk membangkitkan kembali spirit budaya gotong royong masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang kini mulai luntur oleh tuntutan era global yang individualis. 


Sebagai informasi, kegiatan TMMD ke-119 Kodim Abdya akan digelar di Desa Alue Mangota Kecamatan Blangpidie. Dalam program itu, Kodim Abdya bersama masyarakat bakal gotong royong membangun jalan di atas perbukitan untuk memudahkan akses warga dalam berkebun. 


Pembangunan fisik ini meliputi pembukaan dan peningkatan jalan sepanjang 3,5Km melingkar di 2 ruas, pembuatan 1 unit jembatan plat, 1 unit jembatan darurat, 1 unit gorong-gorong dan membangun 1 unit RTLH. 


Selain konsen pada kontruksi, TMMD ke-119 Kodim Abdya juga akan membangun psikis dan mental ideologi masyarakat melalui berbagai penyuluhan dan aksi sosial di antaranya penyuluhan wawasan Kebangsaan bela negara, hukum dan Kamtibmas, Narkoba, KB Kesehatan dan pengobatan gratis serta pertanian. 


Dalam ragam aksi itu TMMD Kodim Abdya juga akan mengkampanyekan langsung kepada masyarakat tentang lingkungan hidup dengan gerakan penghijauan lingkungan (reboisasi) sebanyak 10 ribu batang pohon dan penaburan benih ikan sebanyak 5 ribu bibit.