Kades Alue Manggota Optimis Ekonomi Petani Meningkat
Cari Berita

Advertisement

Kades Alue Manggota Optimis Ekonomi Petani Meningkat

Heri Purwanto
Kamis, 14 Maret 2024

Kepala Desa Alue Manggota T Fakri


Abdya- Kepala Desa Alue Manggota Kecamatan Blangpidie Aceh Barat Daya, T Fakri optimis ke depan hasil perkebunan warga di wilayahnya bisa meningkat dan bersaing dengan daerah lain, Kamis (13/3/2024).


Optimisme Fakri ini beralaskan karena akses jalan di atas gunung sepanjang 3Km yang sejak lama didambakan warganya dalam berkebun kini terwujud. Jalan lingkar di atas gunung tersebut dibangun oleh Kodim 0110/Abdya melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119.


Fakri mengatakan, bagi masyarakat Alue Manggota infrastruktur fisik yang dibangun Kodim Abdya adalah tali kasih TNI yang paling berharga. Selama Puluhan tahun warganya bermimpi memiliki akses jalan ke perkebunan. Untuk menuju kebun selama ini para warga harus melewati jalan setapak yang curam dan licin. Alhasil dari panen pun tidak dapat diangkut dan dipasarkan.


Fakri mengklaim hasil perkebunan di daerahnya cukup subur dan tidak kalah dengan daerah lain. Komoditi hasil kebun itu diantaranya jengkol, durian, pala, manggis, cengkeh, kopi dan sawit. 


"Kita juga memiliki durian dan jengkol yang cukup bagus. Belum lagi pala sanga melimpah. Alhamdulillah dengan adanya jalan ini depan hasil panen kebun akan lebih optimal dan berefek pada peingkatan ekonomi warga," katanya. 


Mewakili warga Fakri menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Kodim 0110/Abdya karena telah memfasilitasi segala pembangunan di desanya. Ia berharap kegiatan TMMD bisa terus digulirkan karena sangat bermanfaat untuk rakyat.


"Sangat bermanfaat. Selain untuk akselerasi pembangunan, juga untuk memperat hubungan TNI dengan rakyat," singkat Fakri.